Kamis, 01 Desember 2011

Tetang model-model topi......!!!!!!!!!!!!!

 
Sombrero
Topi sombrero memiliki ciri khas mahkota yang agak tinggi dan pinggiran yang sangat luas dan mungkin sedikit terbalik di tepi. Seperti topi lainya sombrero digunakan untuk melindungi panas matahari di mexiko. Sombrero yang biasa digunakan oleh petani terbuat dari jerami sedangkan pada kaum hispanik kaya terbuat dari beludru atau kulit. Sekarang hampir tak terlihat didaerah perkotaan yangmodern, kecuali sebagai bagian dari pakaian yang dikenakan dalam perayaan tertentu. Topi sombrero sangat menarik dan sering digunakan pada perayaan tradisional di mexiko.

Top HAT.
Pertama kali dibuat top hat terbuat dari beludru. Namun terus berkembang hingga ada yang terbuat dari kulit. Versi populer terutama di USA terjadi pada abad 19 yang disebuttopi cerobong asap yang dipopulerkan Abraham Licoln Selama ia menjabat presiden. Tapi sedikit dimodifikasi dengan bentuk lurus tidak terlalu tinggi dan bagian bawah tidak terlalu luas. Kabarnya Licoln selalu menyimpan surat penting pada khasnya tersebut. Topi HAT menjadi ciri khas pesulap tradisional menyimpan kelinci pada sulapnya.

Fedora.
Di awal abad ke-20, topi fedora terkenal di kota-kota untuk bergaya. Fungsinya untuk melindungi kepala pemakainya dari angin dan cuaca panas. Fedora bisa digulung bila tidak digunakan. Menjadi ciri khas para  mafia dan detektif seperti dalam film Hollywood era 1940an. Biasanya dilengkapi dengan mantel. Contoh  dalam film paling sukses adalah Humphrey Bogart In Casablanca, Blues Brother, Indiana Jones.

Cowboy
Pada awalnya topi koboi sesuai dengan fungsinya melindungi para koboi dari matahari dan hujan. Bahkan dalam beberapa film, topi koboi selalu digunakanuntuk membantu mengipasi apidalam api unggun. Sekarang kebanyakan orang memakai untuk nilai estetikadan bagian dari gaya hidup barat.



oleh : Cikal Rosyayuda , Eki Rafsanzani, M. Faris Al Azis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar