Senin, 30 Januari 2012

“Seni Batik Komalasari”


Seni Kriya adalah seni yang dibuat dengan keterampilan tangan yang   memiliki nilai indah (estetik) dan nilai seni (artistik). Seni kriya atau kerajinan digolongkan ke dalam seni terapan dengan menghasilkan benda-benda guna (pakai) yang diciptakan untuk tujuan fungsional. Selain itu seni kriya juga diciptakan untuk tujuan melestarikan seni rupa tradisional (Nusantara). Seni kriya ini bisanya digarap oleh masyarakat tertentu sebagai ciri khas daerah setempat. Salah satunya ialah Desain Produk Kriya Tekstil. Kriya tekstil mendominasi seni kriya batiknya,salah satunya batik Indonesia yang sudah menjadi warisan dunia.Batik sangat dekat dengan kehidupan sebagian besar masyarakat kita. Sejak lahir hingga meninggal, dalam kehidupan sehari-hari atau pada acara penting, hampir semua kalangan sering mengenakan batik. Oleh karena itu kurikulum pendidikan bebasis smk telah mewujudkan sekolah senirupa, salah satunya SMKN 14 BANDUNG (SMSR).  Di sekolah inipun terdapat berbagai jurusan kriya salah satunya kriya tekstil. Pada tahun ajaran 2011-2012 SMKN 14 BANDUNG mengikuti sertakan salah satu siswi jurusan kriya teksil yang menjuarai peringkat pertama LKS (Lomba kompetensi Siswa) SMK tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2011 yang patut di banggakan. Adapun identitas siswi tersebut yang mempunyai kreatifitas tinggi di bidang kriya tekstil :


Nama                          : Komalasari
Kelas                            : XI Tekstil 1
Tempat,tanggal,lahir  : Bandung, 23 Februari 1995
Alamat                                    : Jln. Cijawura Hilir No. 18 Rt 01/Rw12
Riwayat pendidikan    :  -     Tk Babussalam          
-          SDN Cijawura III
-          SMPN 48 Bandung
-          SMKN 14 Bandung
Hobi                             : Mendengarkan musik dan menggambar desain batik tulis
Cita-cita                      : Ingin menjadi pengusaha sukses dalam bidang tekstil
Pesan kesan                : Tertarik karena melihat karya batik tekstil SMSR dan ingin mempelajari dan mencoba lebih jauh khususnya saat mempelajari seni batik. Semoga generasi seniman kriya tekstil selanjutnya dapat berkreatifitas khususnya di bidang seni batik yang bisa lebih menciri khaskan seni batik yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia.





LKS SMK tingkat profinsi Jawa Barat tahun 2011 yang di selenggarakan di kota Bandung pada tanggal 07 sd 10 Nopember 2011 pun memberikan kesan tersendiri bagi Komalasari “waktu pertama saya mencanting sebenarnya saya tidak terlalu bisa tetapi berkat dorongan, semangat dari guru pembimbing, teman dan keluarga saya khususnya orang tua. Maka dari itu, saya berusaha dan tetap berusaha untuk bisa menghasilkan karya yang semaksimal mungkin. Saya tidak menyangka akhirnya gelar juara pertama telah saya dapatkan dan keinginan saya selanjutnya tetap mempertahankan juara pertama tingkat nasional dengan cara berusaha dan berdo’a agar keinginan saya tercapai. AMIN.” Perasaan yang di rasakan oleh Komalasari pada saat mengikuti lomba LKS “saya merasa nerves tetapi saya tetap percaya diri dan fokus pada karya seni batik saya.”Di antara berbagai macam batik, Komalasari lebih menyukai batik tulis.




 
Ini adalah salah satu karya batik tulis hasil kreatifitas Komalasari.
******


Nama : Eneng Nurkamilah, Fikri Nurunnisa J, Tianti Anggiani 
Kelas : XII Multimedia 1


Tidak ada komentar:

Posting Komentar